Solar Home System,,Renewable Enrgy for Better life - KARYA PENS UNTUK BANGSA

Jumat, 11 Oktober 2013

MOTOR INDUKSI SATU PHASA UNIVERSAL

MOTOR  INDUKSI SATU PHASA UNIVERSAL

Definisi judul
       Motor universal adalah motor arus bolak balik yang memiliki konstruksi maupun karakteristik sama dengan motor arus searah . Keuntungan motor universal ini dapat dioperasikan dengan sumber tegangan bolak balik atau denga tegangan arus searah pada nilai tegangan yang sama.


Motor universal terdiri dari  :
Stator
       Stator adalah tempat kumparan medan magnit diletakkan, pada umumnya motor universal mempunyai dua kutub.
Rotor
        Rotor disebut juga jangkar (armature) yaitu bagian yang berputar. Rotor terdiri dari dua bagian yaitu jangkar dan komutator. Jangkar adalah tempat belitan kawat email dan ujung-ujung belitanya ditempatkan pada komutator yang sesuai dengan langkah belitan jangkar.
Komutator
         Pada permukaan komutator diletakan sikat karbon yang berfungsi untuk mengalir arus dari sumber luar ke dalam jangkar motor.
Kipas Pendingin
          Hampir semua motor universal memiliki kipas pendingin di bagian ujung poros- nya.

Konstruksi
stator dan rotor motor universal
           Motor jenis ini didesain dengan stator berupa lempengan besi yang dilaminasi, medan magnetis statis dan armatur. Belitan armatur dan belitan medan dirangkai secara seri melalui dua sikat arang, sehingga dihasilkan arah arus medan dan arus armatur yang sama meskipun motor disuplai dengan arus AC. Torka yang dihasilkan dari motor jenis ini berupa pulsa yang dihasilkan setiap setengah siklus ketika arus berubah arah melewati komutator.

Prinsip kerja
Prinsip kerja motor universal mudah dimengerti dibandingkan dengan prinsip kerja motor DC.
Berdasarkan persamaan torsi :
T= k Ia f
dengan :
T = momen kopel (Nm)
k = angka konstanta pembanding
Ia = arus jangkar (ampere)
f = fliks magnet (kg/A.s2 atau tesla)
         Bila motor dihubungkan dengan sumber tegangan AC, pada saat ½ periode positif motor berputar berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Pada ½ periode negatif , dan menurut “hukum tangan kiri” dinyatakan: apabila tangan kiri terbuka diletakkan diantara kutub U dan S, maka garis-garis gaya yang keluar dari kutub utara menembus telapak tangan kiri dan arus didalam kawat mengalir searah dengan arah keempat jari, sehingga kawat tersebut akan mendapat gaya yang arahnya sesuai dengan ibu jari, seperti terlihat pada gambar berikut

Kelebihan motor universal
Dibandingkan dengan jenis motor ac fase tunggal lainnya, motor universal memiliki beberapa keuntungan:
Untuk berat tertentu, universal motor menghasilkan tenaga yang lebih besar dari jenis lainnya.
Motor universal menghasilkan Starting torsi yang besar tanpa arus yang berlebihan
Ketika beban torsi meningkat, motor universal melambat. Oleh karena itu, daya dihasilkan relatif konstan, dan besarnya arus masih dalam batas wajar batas. Dengan demikian, universal motor ini lebih cocok untuk beban yang menuntut berbagai torsi dengan range yang lebar, seperti bor dan mixer makanan.
Universal motor dapat dirancang untuk beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi, sedangkan jenis motor ac terbatas pada 3600 rpm, dengan asumsi 60-Hz source.

Kelemahan motor universal
Salah satu kelemahan universal motor (serta mesin DC pada umumnya) adalah bahwa sikat dan komutator sangat cepat menjadi aus.

Penggunaan
Motor universal banyak digunakan pada peralatan listrik dengan ukuran kecil dan sedang, seperti Vacuum Cleaner, bor tangan, mixer dan sejenisnya.
Aplikasi motor universal untuk mesin jahit, untuk mengatur kecepatan dihubungkan dengan tahanan geser dalam bentuk pedal yang ditekan dan dilepaskan.

Referensi
Achyanto, Djoko. 1990. Mesin-Mesin Listrik,. Jakarta: Erlangga
Fitzgerald, 1989. Electric Machinery (Alih Bahasa Djoko Achyanto). Jakatra: Erlangga
Wijaya, mochtar. 2001. Dasar-dasar Mesin Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta: Gramedia
http://blogs.itb.ac.id/el22440112211035abdisurya/2013/05/01/mesin-dc/#sthash.ZUjXPQT6.dpuf

1 komentar: